Rilis iPad 4, Apple 'Pensiunkan' iPad 3


Kehadiran iPad 4 yang memiliki nama resmi 'iPad with Retina Display' cukup mengejutkan banyak kalangan, baik itu pengamat, jurnalis bahkan para pecinta Apple. Pasalnya kehadiran generasi ke-4 dari iPad ini hanya berselang tujuh bulan sejak New iPad atau iPad 3 diluncurkan.

Yang lebih mengejutkan lagi adalah, dengan kehadiran iPad 4 ini, Apple memutuskan menghentikan produksi iPad 3 dan menarik semua iPad 3 yang masih berada di Apple Store. Bahkan keberadaan iPad 3 sudah terhapus dari situs resmi Apple.

Dilansir TrustedReviews, Apple akan menghentikan produksi New iPad atau iPad 3 dan akan menarik produk itu dari pasaran hingga 30 hari ke depan. New iPad akan segera digantikan dengan iPad 4 mulai 2 November 2012.

Dengan begitu cepatnya kemajuan teknologi, Apple memang memutuskan melakukan penyegaran pada produk andalannya. Kali ini yang terkena imbasnya adalah New iPad yang masih berusia tujuh bulan.

iPad 4 hadir sebagai suksesor dengan beberapa pembaruan ketimbang pendahulunya. Keputusan 'melengserkan' New iPad ini diambil demi menjaga ekosistem perangkat mobile Apple di masa depan.

Kehadiran iPad 4 menggantikan iPad 3 juga dianggap kalangan pengamat sebagai salah satu strategi dagang Apple untuk tetap menjadi yang terdepan di pasar tablet kelas premium.

Beberapa pembaruan yang dihadirkan iPad 4 adalah penggunaan prosesor. Tablet terbaru besutan Apple ini sudah disematkan prosesor A6X.

Meskipun masih menggunakan CPU (central processing unit) dan GPU (graphics processing unit) yang sama dengan pendahulunya, namun prosesor ini diklaim memiliki kecepatan dua kali lebih cepat ketimbang prososor A5X yang disematkan pada iPad 3.

Pembaruan lainnya terdapat pada konektor dock-nya. iPad 4 sudah menggunakan konektor 8 pin yang bernama Lightning Connector yang juga telah dipasangkan di beberapa perangkat anyar Apple, seperti iPhone 5, iPod generasi ke-5 dan iPad Mini.

iPad 4 juga mendapat penyegaran dengan diperluasnya konektivitas jaringan LTE pada jeroannya. Konektivitas ini memiliki jaringan yang lebih luas dibanding New iPad yang hanya dapat beroperasi pada jaringan LTE di Kanada dan AS saja.

Selain itu penyegaran lainnya didapatkan iPad 4 di fitur kameranya. Meskipun masih memakai iSight Camera 5 megapiksel di bagian belakang. Namun untuk FaceTime kamera di bagian depan mengalami peningkatan dari 0,3 megapiksel menjadi 1,2 megapiksel HD.

Sementara untuk harganya, iPad 4 dibandrol dengan harga yang sama persis dengan iPad 3. Untuk model WiFi berkapasitas 16 GB, Apple membandrol perangkat ini dengan harga US$499 (Rp4,8 juta). Sedangkan untuk versi WiFi + 4G LTE berkapasitas 16 GB, dijual seharga US$629 (Rp6,1 juta).

Meskipun iPad 3 dinyatakan berhenti diproduksi, namun iPad 2 yang sudah beredar di pasaran sejak tahun lalu tetap dipertahankan oleh Apple dan masih dibandrol seharga US$399 (Rp3,8 juta) untuk versi WiFi 16 GB.

Dengan 'hilangnya' iPad 3 di pasaran, kini jajaran produk iPad yang ada sekarang hanyalah iPad 2, iPad with Retina Display (iPad 4), dan iPad Mini.

Sumber  :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1919706/rilis-ipad-4-apple-pensiunkan-ipad-3

Komentar

Postingan Populer