UNESCO Tetapkan Gunung Batur Sebagai Taman Bumi

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB akhirnya menetapkan kawasan Kaldera Gunung Batur Kintamani, Bangli Bali sebagai bagian dari Global Geopark Network (GGN) atau jaringan taman bumi global.

Penetapan tersebut dilakukan baru-baru ini di saat Konferensi Geopark Eropa yang ke-11 di Geopark Auroca, Portugal.

Kawasan yang kini bernama Batur Global Geopark terletak di sekitar gunung api aktif di timur laut Bali. Kawasan ini terbentang di antara dua kaldera yang merupakan kawah vulkanik besar yang terbentuk sekitar 22 ribu tahun lalu.

Gunung api ini bagian dari cincin api Pasifik dan membentuk sebagian dari deretan panjang gunung api aktif serupa di Indonesia.

Daerah ini kaya dengan elemen bentukan tanah vulkanik makro dan mikro yang terbentuk akibat letusan gunung api sejak ribuan tahun lalu. Dari segi budaya, Batur Global Geopark menunjukkan budaya lokal yang berkaitan dengan budaya Hindu Bali.

Kaldera Gunung Batur merupakan kawasan geopark yang diusulkan Indonesia ke UNESCO, selain lima calon lainnya. Kelima calon lainnya adalah Danau Toba, Merangin, Gunung Rinjani, Raja Ampat dan Kawasan Kars Sewu.

Sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1917607/unesco-tetapkan-gunung-batur-sebagai-taman-bumi

Komentar

Postingan Populer